Minggu, 26 Februari 2017

Hasil Pengembangan Media Pembelajaran Kimia

Larutan, Koloid dan Suspensi

Untuk selengkapya silahkan lihat https://www.youtube.com/watch?v=J3PgBiVTui8&

19 komentar:

  1. Apakah media yang anda gunakan lebih efektif untuk menjelaskan materi larutan, koloid dan suspensi

    BalasHapus
  2. Mengapa anda tidak menggunakan media video saja (pada ppt) untuk menjelaskan materi ini?

    BalasHapus
  3. Apa yang membuat materi ini sulit sehingga perlu adanya media dalam menjelaskannya?

    BalasHapus
  4. kenapa anda memilih edmodo sebagai e-learning yang anda gunakan? apakah e-learning tersebut cocok digunakan untuk pembelajaran kimia?

    BalasHapus
  5. apa kesulitan materi ini shg anda memerlukan alat peraga?

    BalasHapus
  6. saya akan menjawab pertanyaan dari novi dan annisa karena pertanyaannya sama :

    dan karena percobannya sama dengan kelompok saya, menurut saya materi ini sulit karena selama ini hanya dijelaskan secara teori perbedaan dari larutan, koloid dan suspensi. sehingga diperlukan suatu contoh yang dapapt dilihat maka kita dapat melihat dengan jelas perbedaan dari 3 jenis ini.

    BalasHapus
  7. apakah media tersebut sudah efektif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya sudah, teruta untuk pembelajaran mengenai efek tindal pada koloid ini, dengan media ini kita dapat dengan mudah membedakan larutan, koloid, dn suspensi

      Hapus
  8. Apa kelemahan maupun kelebihan dari media ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin membantu menjawab pertayaan uli :
      Kelebihan Media Video Pembelajaran

      • Mengatasi jarak dan waktu
      • Mampu menggambarkan peristiwa-peristiwa masa lalu secara realistis
      dalam waktu yang singkat
      • Dapat membawa siswa berpetualang dari negara satu ke negara lainnya,
      dan dari masa yang satu ke masa yang lain.
      • Dapat diulang-ulang bila perlu untuk menambah kejelasan
      • Pesan yang disampaikannya cepat dan mudah diingat.
      • Mengembangkan pikiran dan pendapat para siswa
      • Mengembangkan imajinasi

      Kelemahan Media Video Pembelajaran

      1. sebagaimana media audio-visual yang lain, video juga terlalu
      menekankan pentingnya materi ketimbang proses
      pengembangan materi tersebut;
      2. pemanfaatan media ini juga terkesan memakan biaya
      tidak murah
      3. dan penanyangannya juga terkait peralatan lainnya seperi
      videoplayer, layar bagi kelas besar beserta LCDnya,
      dan lain-lain.

      Hapus
  9. apakah untuk setiap materi koloid anda akan menggunakan alat peraga ini saat proses pembelajaran? ataukah ada media lain yang lebih praktis dan efisien selain media ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja berbeda, media ini dikhususkan untuk membedakan secara efek tindal, namun pada air tepung dapat pula di lihat proses koagulasi

      Hapus
  10. apakah media ini telah efektif dalam proses pembelajaran? dan mengapa anda memilih materi ini? dan apa yang melatarbelakangi anda memilih percobaan diatas untuk diterapkan pada siswa?

    BalasHapus
  11. Mengapa anda tidak memilih media yang lain? Video atau yang lainnya saja?

    BalasHapus
  12. setelah anda membuat media ini, apakah siswa anda bisa mengerti dengan yang sudah diterangkan ?

    BalasHapus
  13. Bagaimana cara kita sebagai guru mengetahui minat siswa terhadap pelajaran yang disuguhkan dengan banyak materi? Apa yang harus di lakukan tiap kali mengajar agar siswa dapat memperhatikan dan memahami dengan baik?

    BalasHapus
  14. apakah alasan yang paling mendasar sehingga anda memilih media tersebut sebagai hasil dari pengembangan media anda?

    BalasHapus
  15. apakah terdapat kelemahan dari media yang anda gunakan ? serta bagaimanakah anda mengatasinya?

    BalasHapus
  16. Apakah alat peraga yang anda pilih sudah efektif untuk diaplikasikan dalam media ini

    BalasHapus